cover
Contact Name
-
Contact Email
redaksi.biomed@gmail.com
Phone
+6287859850400
Journal Mail Official
redaksi.biomed@gmail.com
Editorial Address
UNITRI PRESS UPT. Penerbitan & Jurnal Ilmiah Jl. Telaga Warna, Tlogomas Malang, Jawa Timur 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Biomed Science
ISSN : 23385189     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Biomed Science : ISSN 2338-5189 (media cetak) , adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang kesehatan dan kebidanan. Scope jurnal terdiri dari kebidanan,kesehatan,kesehatan masyarakat Setiap naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh satu peer-reviewer menggunakan metode double blind review. Biomed Science diterbitkan oleh UNITRI PRESS Jurnal Biomed Science merupakan Jurnal Ilmiah Obstetri Gynekologi dan ilmu kesehatan yang memuat tulisan perancangan, pengumpulan, pengolahan dan analisis data, baik merupakan pemikiran konseptual maupun penerapannya. jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juli dan Desember.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014)" : 6 Documents clear
PENGARUH MINAT BELAJAR, MEMBACA BUKU, DAN BROWSING INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH OBSTETRI DAN GINEKOLOGI DI D-IV KEBIDANAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG Dwi Astuti; dr. Askan
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan mahasiswa dari tahun ke tahun semakin menurun pada segi kognitifnya, dimana motivasi belajarnya menurun dan secara tidak langsung perkembangan kognitifnya juga menurun. Penyebab terjadinya penurunan tersebut yaitu karena tujuan mereka belajar tidak 100% dari minatnya. Kurangnya minat belajar dapat menyebabkan karya tulisnya menjadi semakin tidak bermutu, ditambah jika dosen yang membimbing tidak jeli apakah karya tulis tersebut benar-benar merupakan tulisan mahasiswa sendiri atau hasil tiruan dari penelitian yang telah ada, sehingga besar kemungkinan bahwa mahasiswa akan menyalin dan bahkan membeli skripsi. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pengaruh minat belajar, membaca buku, dan browsing internet terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Obstetri dan Ginekologi di D-IV Kebidanan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Diketahui bahwa nilai terendah (X1) sebesar 12,00, nilai tertinggi 21,00 dengan rata-rata 17,022, dengan demikian minat belajar mahasiswa dalam penelitian ini cukup tinggi. Variabel membaca buku (X2) nilai terendah 15,00 nilai tertinggi 24,00 dengan rata-rata 18,35, dengan demikian membaca buku mahasiswa dalam penelitian ini juga cukup. Variabel browsing internet (X3) nilai terendah 16,00 nilai tertinggi 21,00 dengan rata-rata 18,26, sehingga mahasiswa dalam penelitian ini hampir sering browsing. Variabel prestasi belajar mahasiswa (Y) nilai terendah 2 nilai tertinggi 4,00 dengan rata-rata 3,11, dengan demikian prestasi mahasiswa dalam penelitian ini cukup bagus
HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI, MOTIVASI IBU DAN MINAT TERHADAP KUNJUNGAN KELAS IBU HAMIL DI DESA DADAPREJO SENGKALING MALANG Sri Indah; Yusnita Julyarni
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesehatan ibu dan anak menjadi target dalam tujuan Pembangunan Millenium Development Goals (MDG’s), tepatnya pada tujuan 4 dan 5 yaitu menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. Dalam upaya pencapaian MDG’s dan tujuan pembangunan kesehatan, peningkatan pelayanan kesehatan ibu diprioritaskan yaitu dengan menurunkan angka kematian ibu menjadi 102 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015 dari 425 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 1992. Kegiatan kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan suami, motivasi ibu dan minat terhadap kunjungan kelas ibu hamil dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas terhadap kunjungan kelas ibu hamil di desa dadaprejo Sengkaling, Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung=13,559 lebih besar dari nilai F 0,05 = 2,530 pada α=0,05. Dukungan suami mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kunjungan kelas ibu hamil hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 7,786 lebih besar dari t 0,05 2,086. Motivasi ibu mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kunjungan kelas ibu hamil hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 3,381 lebih besar dari t 0,05 2,086, dan minat ibu juga mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kunjungan kelas ibu hamil hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 9,675 lebih besar dari nilai t 0,05 2,086. Dari ketiga variabel bebas diatas variabel minat ibu mempunyai hubungan yang paling signifikan terhadap kunjungan kelas ibu hamil karena mempunyai nilai t hitung yang paling tinggi yaitu 9,675
HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DAN KONDISI SARANA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI AKBID WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG Feni Wilarsih; Donny Yunamawan LS
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam motivasi belajar terkandung adanya cita-cita atau aspirasi mahasiswa, ini diharapkan mahasiswa mendapat motivasi belajar sehingga mengerti dengan apa yang menjadi tujuan dalam belajar, disamping itu keadaan mahasiswa yang baik dalam belajar akan menyebabkan mahasiswa tersebut semangat dalam belajar dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, kebalikannya mahasiswa yang sedang sakit, ia tidak mempunyai gairah dalam belajar (Mudjiono, 2002). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dan kondisi sarana prasarana terhadap motivasi belajar mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah semua mahasiswa 60 mahasiswa. Dari penelitian diketahui bahwa variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai F 0,05 yaitu 22,845> 2,040. Berdasarkan hasil analisis didapatkan pula nilai koefisien determinasi sebesar 0,854 yang berarti terdapat pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap variabel Y sebesar 85,4% yang mana hubungan ini masuk pada katagori hubungan yang kuat. Hasil analisis diperoleh hasil bahwa variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,468 (46,8%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 5,211 > 3,060. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,587 (58,7%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 6,214 > 3,060. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y sebesar 0,643 (64,3%) dengan nilai t hitung > t 0,05 yaitu 7,858 > 3,060. Dengan demikian variabel variabel X3 berpengaruh lebih besar (dominan) terhadap variabel Y, sehingga semakin bagus pelayanan SDM maka akan semakin tinggi motivasi belajar
EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT DENGAN MEDIA LEAFLET, VIDEO DAN ALAT PERAGA TERHADAP KETERAMPILAN DALAM PERAWATAN TALI PUSAT DI KELURAHAN MOJOLANGU MALANG Liya Makhfudzotin; Siti Nurjanah
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyuluhan kesehatan merupakan suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan menyebarkan pesan dan menanamkan keyakinan pada masyarakat sehingga masyarakat menjadi sadar, tahu, dan mengerti, serta mau dan bisa melaksanakan anjuran yang berhubungan dengan kesehatan dan bertujuan untuk menjadikan perilaku masyarakat yang dapat merugikan kesehatan menuju ke arah perilaku hidup sehat. Kelangsungan hidup ibu, bayi, dan anak merupakan sasaran utama dari perwujudan keluarga berkualitas, karena kegagalan upaya ini akan berpengaruh buruk pada eksistensi keluarga. Perawatan tali pusat yang baik dan benar akan menimbulkan dampak positif yaitu tali pusat akan pupus pada harike-5 dan hari ke-7 tanpa ada komplikasi, sedangkan dampak negatif dariperawatan tali pusat yang tidak benar adalah bayi akan mengalami peSnyakit tetanus neonatorum dan dapat mengakibatkan kematian. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan pendekatan model analisis varians klasifikasi satu arah (one way anova). Secara ringkas persamaan linier analisis Bila mana Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikan (Sig.) lebih kecil dari α (0.05) maka H0ditolak, dengan kata lain terdapat perbedaan rata-rata skor yang signifikan pada media yang digunakan. Dan sebaliknya bila Fhitung lebih kecil dari Ftabel dan nilai signifikan (Sig.) Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu di Kelurahan Mojolangu yang berjumlah 125 dengan 30 responden yang di bagi10 ibu dengan media Leaflet, 10 ibu dengan media Video,10 ibu dengan media Peraga. Tidak ada tingkat perbedaan yang signifikan dalam tingkat efektifitas media penyuluhan tentang perawatan tali pusat pada masyarakat kelurahan mojolanggu dan dapat di lihat FHitung lebih kecil dari FTabel 3.354
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN, EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER I AKADEMI KEBIDANAN WIRA HUSADA NUSANTARA MALANG Moch. Maksum; Sri Handayani
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak siswa yang kurang memiliki kebiasaan belajar maupun motivasi untuk membaca buku. Perpustakaan adalah suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu dan Kebiasaan belajar merupakan perilaku yang dilakukan relative tetap dan berulang-ulang tidak cukup dengan rajin keperpustakaan dan memiliki kebiasaan belajar yang baik tapi Kecerdasan emosional juga erat hubunganya dengan perasaan dasar manusia. Emosi menuntun kita untuk menghadapi saat-saat kritis dan tugas-tugas yang terlampauriskan bila hanya diserahkan otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemnfaatan perpustakaan, emotional quotient (EQ), kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa semester I Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang. Dengan populasi sebanyak 40 mahasiswa yang berdomisili di asrama kampus Akbid Wira Husada Nusantara Malang. Metode pengambilan sampel adalah tekhnik sampel jenuh yang artinya tekhnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 40 mahasiswa, Uji statistik menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa pengaruh pemanfaatan perpustakaan (X1), emotional quotient (EQ)(X2), kebiasaan belajar (X3) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa (Y). Hal ini dibuktikan Variabel X1 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05 yaitu 5,933 > 3,060. Variabel X2 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05yaitu 4,648 > 3,060. Variabel X3 berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan nilai t hitung> t 0,05yaitu 8,064 > 3,060. Sehingga terdapat pengaruh variable X1, X2, X3 terhadap variable Y
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PENOLONG PERSALINAN PADA IBU HAMIL DI DESA BANGUNREJO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN Siti Nurjanah; Herry Wibowo
Biomed Science Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertolongan persalinan oleh bidan merupakan salah satu strategi dalam menangani masalah kesehatan ibu dan anak. Di Indonesia pemanfaatan pertolongan persalinan oleh bidan dimasyarakat masih sangat rendah di bandingkandenganindikator yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian survey bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan terhadap pemilihan penolong persalinan. Sampel penelitian ini berjumlah 30 ibu bersalin. Analisa data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan (X1), pekerjaan (X2), pendapatan keluarga (X3), pengetahuan (X4), sikap (X5), dan budaya (X6) berpengaruh signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan penolong bersalin (Y), hal ini terbukti dengan adanya nilai Fhitung yang lebih besar dari F tabel yaitu 24,464 > 2,527. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Semakin baik pendidikan, pekerjaan, pendapatan keluarga, pengetahuan, sikap dan budaya berpengaruh signifikan terhadap variabel pengambilan keputusan penolong bersalin. Sehingga perlunya pendekatan budaya dan adat istiadat setempat dalam penempatan bidan, peningkatan akses pelayanan kesehatan, peningkatan penyuluhan kesehatan, dan perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan terhadap dukun bayi

Page 1 of 1 | Total Record : 6